Flash View

Fakultas Farmasi UGM didirikan oleh Kementrian Kesehatan RI pada tanggal 27 September 1946 dengan nama Perguruan Tinggi Ahli Obat (PTAOB). Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari kelahiran Fakultas Farmasi UGM. Pada tahun ini, Fakultas Farmasi UGM genap berusia 71 tahun. Hari lahir merupakan suatu hari bersejarah yang patut untuk diperingati dan disyukuri sebagai suatu momen untuk introspeksi diri yang diikuti dengan pembelajaran, inspirasi, dan motivasi. Dengan demikian inisiasi kedepan akan lebih mudah untuk terwujud. Hari lahir akan lebih bermakna jika diisi dengan suatu kegiatan yang memberikan manfaat dan kenangan yang indah. Kegiatan bermakna yang dilakukan untuk Dies Natalis Fakultas Farmasi UGM ini berupa kegiatan di bidang  kefarmasian, budaya, sosial, musik, dan pentas seni.

Tema yang diangkat pada Dies Natalis Fakultas Farmasi UGM ini adalah “Empowerment through tradition within harmonious diversity”. Dengan adanya tradisi tahunan yang dinantikan ini dimana dapat menyatukan perbedaan setiap  orang menjadi satu kesatuan diharapkan akan terwujud suasana kekeluargaan, keakraban, keharmonisan dan kebersamaan antar civitas akademika Fakultas Farmasi UGM maupun dengan masyarakat luar, sehingga akan mempermudah dalam mewujudkan cita-cita bersama. Sebagai pengabdian dan penghargaan kepada Indonesia, Fakultas Farmasi UGM sudah sepatutnya memiliki andil dalam pembangunan di Indonesia. Asal muasal fakultas ini dibangun di atas tanah rakyat dan untuk rakyat maka, Fakultas Farmasi UGM seharusnya menjadi bagian dari masyarakat dalam mewujudkan cita-cita bersama dan berkontribusi menyelesaikan permasalahan di Indonesia terutama dalam bidang kesehatan dengan pendekatan ilmu pengetahuan.

Berangkat dari sisa-sisa perjuangan masa lalu tersebut membawa fakultas ini menjadi salah satu fakultas terbaik di Indonesia yang mengedepankan prestasi, kerja sama, saling mendukung dan menyemangati, sinergis dan harmonis dalam perjalanannya menggapai cita-cita serta berupaya meningkatkan iklim kompetisi positif, sportif dan kreatif di antara civitas akademika.

~Dies Natalis ke-71 Fakultas Farmasi UGM